Kunjungan Pendidikan Kelas 8 Ke DISPUSIPDA JABAR dan Museum Sri Baduga

Rabu, 10 Oktober 2018. MTs Asih Putera melaksanakan Kunjungan Pendidikan ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Jawa Barat (DISPUSIPDA JABAR) yang bertempat di Jl. Kawaluyaan Indah II No. 4, Soekarno-Hatta pada Selasa, 09 Oktober 2018 – Rabu, 10 Oktober 2018.

Diikuti oleh total 113 siswa/i kelas 8, kegiatan kunjungan ini bertujuan mengenalkan Perpustakaan Umum Daerah Jawa Barat kepada siswa. Adapun beberapa kegiatan yang dilaksanakan adalah berkunjung ke Hall of Fame/Panggung Inohong Jawab Barat dan Ruang Baca Remaja.

Di Hall of Fame/Panggung Inohong Jawa Barat, siswa/i kelas 8 disuguhkan serangkaian infografis dan diorama yang sebagian besarnya memuat tentang tokoh-tokoh terkemuka dan berjasa di Jawa Barat. Dikemas semacam galeri yang keren, Hall of Fame juga menyuguhkan satu permainan puzzle dari peta daerah Jawa barat, tentu ini tidak hanya sebagai hiburan tetapi juga dapat dijadikan sebagai sarana edukasi secara tidak langsung untuk siswa/i kelas 8.

Sementara di Ruang Baca Remaja yang berada di lantai 3 gedung perpustakaan Dispusipda Jabar, siswa/i kelas 8 diperkenalkan mengenai alur/proses akses informasi (buku) mulai dari mengisi daftar kunjungan baik secara manual atau melalui sistem, pencarian buku dengan menggunakan OPAC (Online Public Access Catalog), proses pencarian buku di rak dengan menggunakan Call Number/nomor panggil sampai pada kegiatan membaca di perpustakaan.

Terlepas dari segala kekurangan dalam pelaksanaan kegiatan, semoga kunjungan pendidikan ini mampu menjadi langkah awal bagi siswa/i kelas 8 dalam membangun diri sebagai pembelajar sepanjang hayat dan menjadikan perpustakaan sebagai bagian dari proses membangun generasi yang literate. (Aulia Asri Hariri, S.IIP.)

 

Leave a Reply

Name *
Email *
Website